Tip Sukses Membuat Kue Pie


1. Pilih bahan berkualitas bagus. Pilih tepung terigu dengan protein sedang. Tepung terigu, air, dan mentega pastikan semua bahan dalam keadaan sejuk atau dingin. Mentega beku sebaiknya yang digunakan. Timbang bahan secara sempurna dan teliti.

2. Urutan mengadon adalah campur tepung terigu dan garam. Lalu masukkan mentega, campur hingga adonan membentuk butiran kecil seperti pasir. Kemudian masukkan telur, aduk hingga rata.

3. Gunakan air es agar kue lebih renyah.

4. Agar kulit pie tidak keras, bentuk adonan dengan lembut dan jangan terlalu lama menguleni adonan.

5. Setelah kalis, ratakan adonan dan tutup dengan plastik. Simpan selama kurang lebih 30 menit dalam lemari es.

6. Giling adonan di tempat yang telah ditaburi sedikit tepung terigu hingga mencapai ketebalan yang diinginkan dengan menggunakan alat penggiling khusus. Gunakan sedikit saja tepung terigu sebagai taburan, apabila terlalu banyak akan mempengaruhi rasa dan tekstur.

7. Olesi cetakan pie dengan margarin secara merata dan tipis agar kulit pies mudah terlepas.

8. Agar tidak menggembung saat dipanggang, setelah dibentuk dalam cetakan, tusuk-tusuk dasar adonan dengan garpu atau tusuk gigi.

9. Isi pie dengan berbagai isian pilihan sesuai selera. Isi juga bisa dijadikan sebagai penghias, seperti coklat leleh, coklat serut, taburan aneka kacang, dan lain-lain. Jika akan mengisi pie ukuran kecil dengan vla atau cream, sebaiknya diberi dasar/olesi dengan coklat leleh dahulu agar pie tidak basah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *