Buku Resep Online Aneka Masakan Ibu Rumah Tangga Indonesia
Aneka Resep Enak, Mudah & Murah !

Tips dan Trik Membeli Buah dan Sayur Segar Berkualitas dengan Harga Lebih Murah

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli buah dan sayur. Panduan berikut akan menjelaskan tips dan trik yang dapat membuat pilihan buah dan sayur yang akan dibeli lebih bergizi dan lebih hemat biaya.

Apa saja itu, berikut informasinya.

1. Jangan membeli produk yang memar atau rusak
Memar pada buah dan sayur merupakan tempat yang bagus bagi bakteri untuk bersembunyi dan menyebar dengan cepat ke bagian lain dari buah dan sayur. Selain itu, buah dan sayur yang memar atau rusak kurang bergizi dan kurang enak.

2. Sebelum memilih, beri tekanan ringan pada buah
Beri sedikit tekanan saat memilih buah yang sudah matang. Buah-buahan seperti pir, pisang, dan alpukat, akan terus menjadi lunak setelah dipetik jika dibiarkan pada suhu kamar.

3. Ketahui aroma buah yang akan dibeli
Aroma yang lebih manis menunjukkan kematangan buah yang akan dibeli.

4. Pilih buah yang lebih kecil
Buah yang lebih kecil biasanya lebih manis.

5. Pilih buah dan sayur penuh warna.
Pilih berbagai buah dan sayur yang berwarna-warni. Buah dan sayur dengan ragam warna berbeda mengandung fitokimia berbeda pula yang memiliki manfaat nutrisi yang berbeda, sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

6. Beli buah dan sayur musiman
Tidak semua buah dan sayur segar dapat dipanen sepanjang tahun. Untuk menjual buah dan sayur tertentu di luar musim menimbulkan biaya pengiriman yang berimbas pada harga buah dan sayur. Buah dan sayur yang sedang musim memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih murah.

7. Pilih buah dan sayur yang didinginkan
Saat membeli buah dan sayur potong segar, pilih yang didinginkan atau dikelilingi oleh es. Penting untuk diketahui bahwa buah dan sayur yang telah dibelah atau dibuka sebaiknya disimpan dalam ruangan sejuk.

8. Perbandingan harga
Periksa perbedaan harga antara buah dan sayur yang belum dikemas dan yang telah dikemas. Memilih buah dan sayur yang belum dikemas bisa menghemat pengeluaran, juga memungkinkan untuk memilih buah dan sayur dengan kualitas yang lebih baik.

9. Buah dan sayur dalam kemasan kaleng bisa menjadi alternatif pilihan
Meskipun buah dan sayur dalam kemasan kaleng sering mengandung kandungan natrium yang lebih tinggi daripada makanan segar dan beku, nilai gizi buah dan sayur dalam kemasan kaleng sebagian besar sama. Jika buah dan sayur segar yang baik tidak tersedia, bisa dipertimbangkan untuk membeli buah dan sayur dalam kemasan kaleng yang rendah natrium.

10. Pisahkan buah dan sayur segar dari protein hewani
Pada saat berbelanja, pastikan untuk memisahkan buah dan sayur segar dari daging mentah, unggas, dan makanan laut. Darah dan jus dari daging mentah dapat mengandung patogen yang berpotensi mencemari buah dan sayur yang dibeli.

11. Cuci bersih buah dan sayur sebelum dikonsumsi
Mencuci buah dan sayur dapat mengurangi kemungkinan terpapar mikroorganisme yang berpotensi berbahaya, serta dapat menghilangkan bahan kimia dan pestisida.

Informasi di atas adalah tips dan trik bermanfaat yang dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan buah dan sayur berkualitas dengan harga lebih murah.