Tips dan Trik Membuat Bubur Ayam Yang Nikmat

Spread the love

Bubur adalah jenis makanan yang tidak asing di telinga kita, bahkan bubur yang dulu dikenal sebagai makanan untuk masyarakat menengah kebawah kini telah menjadi salah satu menu makanan yang bisa dimodifikasikan sebagai menu sarapan pagi kita. Salah satu jenis bubur yang paling trend sebagai menu sarapan pagi adalah bubur ayam. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal dalam pembuatan bubur.

Bubur ayam biasanya dibuat hanya dari kaldu ayam. Yakni kuah rebusan ayam. Coba cara lain. Tambahkan beberapa potong ampela ke dalam rebusan ayam. Jangan lupa masukkan pula potongan bawang bombai kasar dan daun salam. Hasilanya bubur jadi lebih gurih dan beraroma. Setelah akan disajikan, bawang bombai dan daun salam tentunya harus dikeluarkan.

Bubur juga bisa dibuat dengan dua metode yaitu:

-Pembuatan bubur dari beras
Jika dibuat dari beras yang direbus dengan air, maka hasilanya akan lebih kental tetapi waktu memasak lebih lama. Pastikan jumlah air tak berlebihan sehingga bubur kental atau pekat. Lebih baik tambahkan air secara bertahap agar mudah mengontrol kekentalannya.

-Pembuatan bubur dari nasi
Jika dimasak dari nasi, bubur akan lebih hambar dan mudah berair. Tambahkan sedikit garam dan merica atau gunakan kaldu untuk merebus agar rasa bubur lebih gurih.

Metode dalam pembuatan bubur ayam yang benar:

1. Memasak sebaiknya dengan panci aluminium, enamel, atau lebih baik lagi dengan stainless steel.

2. Tidak disarankan menggunakan teflon karena memerlukan perawatan khusus.

3. Gunakan panci berdiameter kecil supaya bubur tidak cepat gosong.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =